Saturday 2 March 2019

SILABUS MATAKULIAH DASAR-DASAR PENDIDIKAN SAINS (PENDIDIKAN BIOLOGI)


SILABUS MATAKULIAH DASAR-DASAR PENDIDIKAN SAINS

A.      IDENTITAS MATA KULIAH
Nama mata kuliah                     : Dasar-Dasar Pendidikan Sains
Program Studi                            : Pendidikan  Biologi

B. Deskripsi Perkuliahan Dasar-dasar Pendidikan Sains:
Mata kuliah ini menjelaskan dan menguraikan wawasan tentang kependidikan secara umum dan khusus yang dibahas secara komprehensip, terpadu dan holistik,  perkuliahan ini mencakup :
Pertama :      Dasar-dasar Pendidikan Sains secara umum yang mencakup teori tentang kependidikan, faktor-faktor, unsur-unsur komponen-komponen, tujuan, tokoh dan pemikirannya dan lain-lain.
Kedua :         Dasar-dasar Pendidikan Sains secara khusus dengan menggabungkan konsep-konsep ajaran sesuai agama yang ada di Indonesia tentang pendidikan.

C.      Kompetensi Mata Kuliah Dasar-dasar Pendidikan Sains:
Setelah mengikuti matakuliah Dasar-dasar Pendidikan Sains ini diharapkan mahasiswa memiliki kompetensi menjelaskan dan mendeskripsikan tentang: konsepsi dasar, fungsi dan peranan pendidikan serta memiliki wawasan kependidikan yang mantap, kematangan dan keseimbangan emosional, mampu pula melaksanakan secara tepat rencana pendidikan yang telah disusun. Di samping itu mereka juga dapat mengenali karakteristik peserta didik dan lingkungannya, dapat berkomunikasi dengan bahasa yang baik dan benar.

D. Strategi Perkuliahan:
Strategi perkuliahan ini lebih banyak menggunakan active learning, collaborative learning. Problem based learning. Oleh karena itu dalam perkuliahan ini setiap pertemuan diawali dengan pemaparan dosen dengan ceramah sebagai metode pembelajaran dan selanjutnya mahasiswa diharapkan mampu menyampaikan gagasan baik pendapat pribadi atau hasil observasi. Berbagai strategi instruksional akan digunakan dalam perkuliahan ini, contoh, untuk beberapa pertemuan dosen matakuliah akan memberi perkuliahan pendahuluan untuk memberikan latar belakang dan kerangka berfikir mata kuliah tersebut. Kemudian dilanjutkan dengan tugas-tugas yang bersifat spontanitas.

E.  Penilaian
1.    Tingkat Kehadiran minimal 75%, partisipasi aktif memiliki bobot     : 10%
2.    Presentasi, tugas individu,dan tugas kelompok memiliki bobot           : 30 %
3.    Ujian Tengah semester memiliki bobot                                                : 20 %
4.    Ujian Akhir semester memiliki bobot                                                   : 40 %
5.    Jumlah Total                                                                                          : 100 %

           IDENTITAS MATA KULIAH
Nama mata kuliah                     : Dasar-Dasar Pendidikan Sains
Bobot SKS                                  : 2 Sks
Program Studi                            : Pendidikan  Biologi
Nama Dosen                               : Marzuki, S.Sos, M.Pd


A.    Tujuan Matakuliah:
Umum: Agar mahasiswa memahami berbagai teori kependidikan dan terampil dalam kegiatan pembelajaran.

Khusus:
1.        Membekali mahasiswa dasar-dasar teori kependidikan sehingga mampu membawa missinya.
2.        Mengarahkan mahasiswa sebagai calon guru yang profesional, sekaligus menanamkan kecintaan terhadap profesi ini.
3.        Pemahaman kompetensi keguruan
4.        Terampil mengaplikasikan teori-teori pendidikan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam
5.        Mengaktualisasikan terhadap ilmu yang dipelajari untuk kepentingan masyarakat.


B.     Deskripsi Matakuliah Dasar-dasar Pendidikan Sains:
Mata kuliah ini menjelaskan dan menguraikan wawasan tentang kependidikan secara umum dan khusus yang dibahas secara komprehensip, terpadu dan holistik,  perkuliahan ini mencakup :
Pertama :      Dasar-dasar Pendidikan Sains secara umum yang mencakup teori tentang kependidikan, faktor-faktor, unsur-unsur komponen-komponen, tujuan, tokoh dan pemikirannya dan lain-lain.
Kedua :         Dasar-dasar Pendidikan Sains secara khusus dengan menggabungkan konsep-konsep ajaran Islam tentang pendidikan.
D. Daftar Rujukan Referensi:
1.      Marzuki, S.Sos,M.Pd, Modul Dasar-dasar Pendidikan Sains.
2.      Sutari Imam Barnadib, Pengantar Ilmu Pendidikan Sistematis
3.      Sugarda Purwakawatja, Sekolah dan Masyarakat
4.      Fuad Ihsan, Dasar-dasar Pendidikan
5.      Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis
6.      Tim Dosen IKIP Malang, Pengantar Dasar-dasar Kependidikan
7.      Arifin M.Ed, Ilmu Pendidikan Islam
8.      H.M. Irsyad Djuwaeli, Pembaharuan Kembali Pendidikan Islam
9.      Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam
10.  Zakiah Daradjat, Ilmu Pendidikan Islam
11.  Tedd D. Beavers, Paradigma Filsafat Pendidikan Islam
12.  Abudin Nata, Filsafat Pendidikan Islam
13.  Arifin, ME.d, Filsafat Pendidikan Islam
14.  Samuel Smith, Ph. D, Gagasan-gagasan Besar Tokoh-tokoh dalam Bidang Pendidikan
15.  Abdul Mujib, Ilmu Pendidikan Islam
16.  Haidar Putra Daulay, Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia
17.  Bobby De Porter & Mike Hernacki, Quantum Learning
18.  TIM Dosen IKIP Surabaya, Pengantar Dedaktik Metodik
19.  Athiyah al-Abrasyi, Dasar-dasar Pendidikan Islam
20.  Hasan Langgulung, Asas-asas Pendidikan Islam
21.  William F. O’Neil, Ideologi-ideologi Pendidikan
22.  Malik Fadjar, Reorientasi Pendidikan Islam
23.  Saiful Bahri Djamarah, Guru dan Anak didik dalam interaksi edukatif
24.  Mulyono Abdurrahman, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar
25.  Mohammad Irfan, Mastuki HS, Teologi Pendidikan
26.  Jalaluddin Rahmat, Teologi Pendidikan
27.  Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Persfektif Islam
28.  UU SPN dan UU Guru dan dosen
29.  Jauharah Bawazir, Psi, M.Pd, Model sistem Pendidikan Bunyan
30.  Jerry Wyckoff, Disiplin Tanpa Teriakan atau Pukulan
31.  Elaine B, Jhonson, Contextual Teaching and Learning
E.Media/Alat Peraga
            Materi kuliah disajikan dalam bentuk slide power point.
F. Metode Evaluasi
1.    Ceramah
2.    Tanya jawab
3.    Tugas individu
4.    Tugas kelompok
5.    Diskusi.
6.    Studi kasus
7.    Ujian Tengah Semester (UTS)
8.    Ujian Akhir Semester (UAS)

G.Tugas Mahasiswa
1.      Tugas individu membuat makalah dasar-dasar pendidikan sains.
2.      Tugas kelompok membuat power point dasar-dasar pendidikan sains  dan dipresentasikan.

No comments:

Post a Comment

Update Terbaru