SILABUS MATAKULIAH DASAR-DASAR PENDIDIKAN SAINS
A.
IDENTITAS MATA KULIAH
Nama mata kuliah : Dasar-Dasar Pendidikan Sains
Program Studi : Pendidikan Biologi
B. Deskripsi Perkuliahan Dasar-dasar
Pendidikan Sains:
Mata kuliah ini menjelaskan dan menguraikan wawasan
tentang kependidikan secara umum dan khusus yang dibahas secara komprehensip,
terpadu dan holistik, perkuliahan ini
mencakup :
Pertama : Dasar-dasar Pendidikan Sains secara umum yang mencakup teori tentang kependidikan, faktor-faktor,
unsur-unsur komponen-komponen, tujuan, tokoh dan pemikirannya dan lain-lain.
Kedua : Dasar-dasar Pendidikan Sains secara khusus dengan menggabungkan konsep-konsep ajaran sesuai agama yang
ada di Indonesia tentang pendidikan.
C.
Kompetensi Mata Kuliah Dasar-dasar
Pendidikan Sains:
Setelah
mengikuti matakuliah Dasar-dasar
Pendidikan Sains ini diharapkan
mahasiswa memiliki kompetensi menjelaskan dan mendeskripsikan
tentang: konsepsi dasar, fungsi dan peranan pendidikan serta
memiliki wawasan kependidikan yang mantap, kematangan dan keseimbangan
emosional, mampu pula melaksanakan secara tepat rencana pendidikan yang telah
disusun. Di samping itu mereka juga dapat mengenali karakteristik peserta didik
dan lingkungannya, dapat berkomunikasi dengan bahasa yang baik dan benar.
D. Strategi Perkuliahan:
Strategi perkuliahan ini lebih banyak menggunakan active
learning, collaborative learning. Problem based learning. Oleh karena itu
dalam perkuliahan ini setiap pertemuan diawali dengan pemaparan dosen dengan
ceramah sebagai metode pembelajaran dan selanjutnya mahasiswa diharapkan mampu
menyampaikan gagasan baik pendapat pribadi atau hasil observasi. Berbagai strategi instruksional akan digunakan dalam perkuliahan ini,
contoh, untuk beberapa pertemuan dosen matakuliah akan memberi perkuliahan
pendahuluan untuk memberikan latar belakang dan kerangka berfikir mata kuliah
tersebut. Kemudian dilanjutkan dengan tugas-tugas yang bersifat spontanitas.
E. Penilaian
1.
Tingkat Kehadiran
minimal 75%, partisipasi aktif memiliki bobot :
10%
2.
Presentasi, tugas
individu,dan tugas kelompok memiliki bobot :
30 %
3.
Ujian Tengah
semester memiliki bobot :
20 %
4.
Ujian Akhir
semester memiliki bobot :
40 %
5.
Jumlah Total :
100 %
IDENTITAS MATA KULIAH
Nama mata kuliah : Dasar-Dasar Pendidikan Sains
Bobot SKS : 2
Sks
Program Studi : Pendidikan Biologi
Nama Dosen : Marzuki, S.Sos,
M.Pd
A. Tujuan Matakuliah:
Umum: Agar mahasiswa memahami berbagai teori kependidikan dan terampil dalam
kegiatan pembelajaran.
Khusus:
1.
Membekali mahasiswa dasar-dasar teori
kependidikan sehingga mampu membawa missinya.
2.
Mengarahkan mahasiswa
sebagai calon guru yang profesional, sekaligus menanamkan kecintaan terhadap
profesi ini.
3.
Pemahaman kompetensi keguruan
4.
Terampil
mengaplikasikan teori-teori pendidikan dalam pembelajaran Pendidikan Agama
Islam
5.
Mengaktualisasikan
terhadap ilmu yang dipelajari untuk kepentingan masyarakat.
B.
Deskripsi
Matakuliah Dasar-dasar
Pendidikan Sains:
Mata kuliah ini menjelaskan dan menguraikan wawasan
tentang kependidikan secara umum dan khusus yang dibahas secara komprehensip,
terpadu dan holistik, perkuliahan ini
mencakup :
Pertama : Dasar-dasar Pendidikan Sains secara umum yang mencakup teori tentang kependidikan, faktor-faktor,
unsur-unsur komponen-komponen, tujuan, tokoh dan pemikirannya dan lain-lain.
Kedua : Dasar-dasar Pendidikan Sains secara khusus dengan menggabungkan konsep-konsep ajaran Islam tentang
pendidikan.
D. Daftar
Rujukan Referensi:
1. Marzuki, S.Sos,M.Pd, Modul Dasar-dasar Pendidikan Sains.
2. Sutari Imam Barnadib, Pengantar
Ilmu Pendidikan Sistematis
3.
Sugarda
Purwakawatja, Sekolah dan Masyarakat
4.
Fuad Ihsan, Dasar-dasar
Pendidikan
5. Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan
Teoritis dan Praktis
6. Tim Dosen IKIP Malang, Pengantar
Dasar-dasar Kependidikan
7.
Arifin M.Ed, Ilmu
Pendidikan Islam
8.
H.M. Irsyad Djuwaeli,
Pembaharuan Kembali Pendidikan Islam
9.
Ramayulis, Ilmu
Pendidikan Islam
10.
Zakiah Daradjat, Ilmu
Pendidikan Islam
11.
Tedd D. Beavers, Paradigma
Filsafat Pendidikan Islam
12.
Abudin Nata, Filsafat
Pendidikan Islam
13. Arifin, ME.d, Filsafat Pendidikan
Islam
14. Samuel Smith, Ph. D, Gagasan-gagasan
Besar Tokoh-tokoh dalam Bidang Pendidikan
15. Abdul Mujib, Ilmu Pendidikan Islam
16. Haidar Putra Daulay, Pendidikan Islam
dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia
17.
Bobby De Porter
& Mike Hernacki, Quantum Learning
18. TIM Dosen IKIP Surabaya, Pengantar
Dedaktik Metodik
19. Athiyah al-Abrasyi, Dasar-dasar
Pendidikan Islam
20.
Hasan Langgulung, Asas-asas
Pendidikan Islam
21.
William F. O’Neil, Ideologi-ideologi
Pendidikan
22.
Malik Fadjar, Reorientasi
Pendidikan Islam
23. Saiful Bahri Djamarah, Guru dan
Anak didik dalam interaksi edukatif
24. Mulyono Abdurrahman, Pendidikan
Bagi Anak Berkesulitan Belajar
25. Mohammad Irfan, Mastuki HS, Teologi
Pendidikan
26.
Jalaluddin
Rahmat, Teologi Pendidikan
27. Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam
Persfektif Islam
28. UU SPN dan UU Guru dan dosen
29. Jauharah Bawazir, Psi, M.Pd, Model
sistem Pendidikan Bunyan
30. Jerry Wyckoff, Disiplin Tanpa
Teriakan atau Pukulan
31.
Elaine B,
Jhonson, Contextual Teaching and Learning
E.Media/Alat Peraga
Materi kuliah disajikan dalam bentuk slide power point.
F. Metode Evaluasi
1.
Ceramah
2. Tanya
jawab
3. Tugas
individu
4. Tugas
kelompok
5. Diskusi.
6. Studi
kasus
7. Ujian Tengah Semester (UTS)
8. Ujian Akhir Semester (UAS)
G.Tugas Mahasiswa
1.
Tugas individu
membuat makalah dasar-dasar pendidikan sains.
2.
Tugas kelompok
membuat power point dasar-dasar pendidikan sains dan dipresentasikan.
No comments:
Post a Comment