Tuesday, 26 February 2019

SOAL UUB BAHASA INDONESIA KELAS 10 (SEPULUH) UNTUK SMA



LEMBAR SOAL

Mata Pelajaran         : Bahasa Indonesia
Jenjang                        : SMA/MA
Kelas                             : X (sepuluh)
Program Studi           : Umum
Hari, tanggal              :
Jam                               :

PETUNJUK UMUM

  1. Isikan identitas Anda ke dalam Lembar JawabanUlangan yang tersedia dengan menggunakan ballpoint yang bertinta hitam atau biru.
  2. Periksa dan bacalah soal-soal  sebelum Anda menjawabnya.
  3. Laporkan kepada pengawas ulangan apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak atau tidak lengkap.
  4. Tersedia waktu 120 menit untuk mengerjakan semua soal.
  5. Jumlah soal sebanyak 50 butir soal pilihan ganda, pada setiap butir soal terdapat 5 (lima) pilihan jawaban.
  6. Kerjakan pada lembar jawaban yang disediakan, dengan ballpoint yang bertinta hitam atau biru.
  7. Berilah  tanda silang (X) pada pilihan jawaban yang tepat.
  8. Periksalah pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas Ulangan.
                               






Bacalah teks berikut ini untuk soal nomor 1 dan 2!
Kenali Kelainan Mata pada Anak
Kelainan mata pada anak tidak boleh disamakan dengan kelainan mata pada orang dewasa. Jika salah pengertian, hal itu akan menjadi salah periksa. Banyak orang tua tidak tahu masalah mata pada anak-anak mereka. Pada umumnya, mereka menunggu sampai anak mengeluh atau melihat mata anak sudah memerah. Contohnya katarak yang sering terjadi pada orang tua, kalau dialami anak-anak merupakan peristiwa yang jarang terjadi. Faktornya bukan karena usia, melainkan karena infeksi, obat-obatan, atau kelainan gen
Selain katarak, berbagai penyakit mata yang kemungkinan dialami anak-anak antara lain strabismus (mata juling), ambliopia (mata malas), glaukoma kongenital, dan kelainan refraksi. Menurut dr. Florence, kelainan mata pada anak bisa dideteksi sejak usia dini. Masalahnya, kebanyakan orang tua tidak mengerti kelainan pada mata anak mereka sebelum sang anak mengeluh atau terlihat perbedaan mencolok.
 




1.             Informasi yang dibahas dalam berita adalah . . .
A.  penyakit katarak
B.  penyakit mata
C.  kelainan mata pada anak
D.  kelainan mata pada orang dewasa
E.   macam-macam penyakit mata

2.   Pernyataan yang sesuai dengan isi berita tersebut adalah . . .
A.   Kelainan mata yang diderita oleh semua umur.
B.   Kelainan mata pada anak bisa dideteksi kalau sudah beranjak dewasa.
C.  Faktor kelainan mata pada anak karena faktor usia.
D.  Orang tua tahu kalau anaknya mengalami masalah mata setelah mereka mengeluh.
E.   Orang tua mengetahui kelainan pada mata anaknya dengan sendirinya

Teks berikut untuk soal nomor 3 s.d.5.
Bacalah  kutipan cerita berikut dengan cermat!

               (1) Aku tidak pernah mau tahu tentang Ayah. (2) Karena yang aku tahu, Bunda menderita karenanya. (3) Namun, terkadang  rasa ingin tahu bagaimana  rasanya punya Ayah tiba-tiba datang seketika melihat Anto, Inem, Buang, dan Ari yang sekolahnya diantar jemput oleh ayah-ayah mereka. (4) Terkadang  iri ada juga dalam hati ketika melihat mereka mereka bermanja dengan ayah-ayah mereka. (5) Aku hanya tertunduk dan menjauh dari mereka.
                                                                         

 








3.             Watak tokoh Aku dalam penggalan cerita tersebut adalah . . . .
A.  sombong  dan iri hati                          D. perhatian dan iri hati                                
B.  cuek dan iri hati                                  E. angkuh dan pendendam                              
C.  pendendam dan cuek

4.             Kalimat yang mendukung perwatakan tokoh Aku tersebut adalah kalimat nomor . . . .
A.  (2) dan (4)                                            D. (1) dan (5)
B.  (3) dan (4)                                            E.  (1) dan (4)                                                                                                                                       
C.  (2) dan (3)                                                                                                                                                          

5.             Pendeskripsian watak tokoh Aku dilakukan dengan cara . . . .
A.  uraian langsung pengarang                  D. gambaran suasana sekitar tokoh
B.  dialog antartokoh                                 E. tingkah laku tokoh
C.  penggambaran  fisik tokoh





Kutipan cerita rakyat berikut untuk soal nomor 6 s.d. 10.
    Bacalah  kutipan cerita berikut dengan cermat!

“Satu telur emas”, kata Luh Lancah dalam hati,” akan mengubah keadaan rumah tanggaku, Aku tidak miskin lagi dan tidak perlu berutang, tidak lagi makan ketela dan jagung. Sekali-kali aku akan makan nasi dan lauk pauk yang enak dan gurih.”
Satu telur emas, dua telur emas...,”katanya lagi komat-kamit.
Tiba-tiba ia membayangkan puluhan telur emas masih tersimpan dalam perut Si Putih. “Lebih baik kusembelih sekarang saja. Kejutan bagi suamiku. Sepuluh telur emas akan mengubah rumah ini menjadi istana yang gemerlapan. Seluruh penduduk kampung akan berdecak kagum dan segan terhadap keluargaku.”
Lah Lancah mengambil sembilah pisau. Si Putih yang sedang asyik memilih-milih makanan ditangkapnya. Bulu-bulunya dicabut, lehernya disembelih, perutnya dibelah.
Luh Lancah terdiam sejenak, lalu dengan tiba-tiba menangis meraung-raung. Dalam perut ayam yang malang itu terdapat sepuluh butir telur yang masih lunak. Kalau saja Si Putih tidak disembelih, beberapahari lagi telur-telur itu akan menjadi telur emas.  

6.             Tokoh Luh Lancak dalam cerita di atas memiliki watak . . . .
A.  sabar                                                     D. penyayang
B.  serakah                                                 E. baik hati
C.  pemberani

7.             Pendeskripsian watak tokoh Aku digambarkan melalui . . . .
A.  uraian langsung pengarang
B.  dialog antartokoh
C.  penggambaran fisik tokoh
D.  gambaran suasana sekitar tokoh
E.   tingkah laku tokoh

8.             Latar tempat dalam kutipan cerita adalah . . . .
A.  kamar                                                   D. ruang tengah
B.  dapur/ belakang rumah                         E. rumah tetangga
C.  ruang tamu

9.             Suasana yang tergambar dalam kutipan cerita rakyat di atas adalah . . . .
A.  menyedihkan                                        D. menegangkan
B.  mengesankan                                        E. mengharukan
C.  menyenangkan

10.         Nilai yang terkandung dalam cerita adalah . . . .
A.  sosial                                                    D. adat-Istiadat
B.  politik                                                   E. budaya
C.  religi

Bacalah teks berikut dengan cermat!
        Pada kesempatan ini kita akan membahas dampak positif dan negatif penggunaan hand  phone terhadap perkembangan remaja. Agar diskusi kita lebih terarah, diskusi ini akan dipimpin oleh moderator. Moderator yang akan memimpin jalannya diskusi adalah siswa kelas XA SMA Negeri 2 Sintang. Moderator kita bernama Shafira Viana Febryanti. Dia memiliki beberapa prestasi di sekolahnya. Selain menjadi juara kelas, dia pemenang lomba pidato antar-SMA.

 





    


11.         Paragraf di atas merupakan contoh memperkenalkan . . . .
A.  diri sendiri                                            D. pembicara
B.  orang lain                                              E. peserta                
C.  moderator






         Bacalah teks berikut dengan cermat!

       Terima kasih atas kepercayaan rekan-rekan yang mengundang saya untuk berbagi pengalaman mengenai sekolah sehat. Sebelum saya mulai berbagi pengalaman, alangkah baiknya saya memperkenalkan diri saya. Saya, Mardiana. Saya seorang sarjana kesehatan masyarakat yang bertugas di Rumah Sakit Ade Muhammad  Djoen Sintang. Saya bertugas untuk memberikan penyuluhan tentang kesehatan di sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Sintang.

 










12.          Paragraf di atas merupakan contoh memperkenalkan . . . .
A.  diri Sendiri                                           D.  pembicara
B.  orang Lain                                            E.   peserta
C.  moderator

         Bacalah teks berikut dengan cermat!

Selamat siang,  Bapak dan Ibu Guru, serta rekan-rekan siswa SMA Negeri 1 Kelam Permai. Sebelum memaparkan makalah yang berjudul “Tips Belajar yang Efektif” siang hari ini, izinkan terlebih dahulu saya memperkenalkan diri. Nama saya Hendry Verdiansyah. Saya dilahirkan di Kota Pontianak pada tanggal 21 Februari 1995. Saya anak kedua dari dua bersaudara, dan bertempat tinggal di Jalan Diponegoro C 31 Sintang.

 








13.          Paragraf di atas merupakan contoh memperkenalkan . . . .
A.  moderator                                             D.  diri sendiri
B.  orang lain                                              E.   peserta
C.  pembicara


         Bacalah teks berikut dengan cermat!
         Dari 10 jenazah korban pesawat Aviastar yang jatuh di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, tiga jenazah berhasil diidentifikasi. Selanjutnya, ketiga jenazah tersebut akan diserahkan ke keluarga. Sedangkan tujuh jenazah lainnya sementara diidentifikasi oleh tim dokter ahli, “kata Kepala Polda Sulsel, Inspektur Jendral Polisi Pudji Hartanto Iskandar. (Tribun Pontianak, 7 Oktober 2015)

 







14.         Masalah yang dikemukakan dalam kutipan berita di atas adalah . . .
A.  Tiga jenazah korban pesawat Aviastar berhasil diidentifikasi.
B.  Seluruh jenazah korban pesawat Aviastar sudah ditemukan.
C.  Jenazah diserahkan kepada keluarga korban.
D.  Pesawat Aviastar jatuh di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.
E.   Irjen Polisi Pudji Hartanto Iskandar sebagai Kapolda Sulsel.

15.         Makna kata identifikasi dalam bacaan di atas adalah . . . .
A.  jati diri
B.  penentu atau penetapan identitas seseorang
C.  psikologi
D.  tingkah laku
E.   pribadi




Bacalah kutipan  cerita  berikut dengan saksama!

       Masyarakat Bali yang mewarisi keragaman seni budaya mampu mempersembahkan atraksi wisata yang sarat dengan nilai-nilai filsafat kehidupan, terutama yang berhubungan dengan konsep dualisme.

 






16.     Makna kata yang bercetak miring dalam paragraf di atas adalah . . . .
A.  akrobat                                                 D. menunjukkan
B.  pertunjukan                                          E. menggelar
C.  menampilkan

Bacalah kutipan  cerita  berikut dengan saksama!
       Reog Ponorogo muncul pada saat Prabu Kelono Sewandono berniat melamar putri Kerajaan Jenggala, Kediri, yaitu Dewi Ragil Kuning. Dewi Ragil Kuning mau menjadi istri Prabu Kelono Sewandono dengan syarat membawa seekor singa berkepala burung merak. Ketika dibawa, singa tersebut harus diiringi gamelan atau musik yang belum pernah ada di dunia.

 







17.         Unsur ekstrinsik yang menonjol dalam kutipan cerita di atas adalah . . . .
A.  nilai moral                                            D. nilai budaya
B.  nilai agama                                           E.  nilai sosial
C.  nilai sejarah

Bacalah kutipan cerita berikut dengan saksama!
Karyamin adalah seorang pengumpul batu. Ia selalu menyambut hari dengan senyuman. Karyamin adalah pengumpul batu yang sabar dan tabah. Ia rela berpanas-panasan mengumpulkan batu untuk mencukupi kebutuhan keluarganya.

 






18.              Unsur ekstrinsik yang menonjol dalam kutipan cerita di atas adalah . . . .
A.  nilai moral                                            D. nilai budaya
B.  nilai agama                                           E. nilai sosial
C.  nilai sejarah



Bacalah kutipan cerita berikut dengan saksama

Ratu sering murung dan menangis. Prabu pun ikut sedih melihat istrinya. Lalu Prabu pergi ke hutan untuk bertapa. Di sana sang Prabu terus berdoa agar dikaruniai anak. Beberapa bulan kemudian, keinginan mereka terkabul. Ratu pun mulai hamil. Seluruh rakyat di kerajaan itu senang sekali. Mereka membanjiri istana dengan hadiah.








19.          Nilai yang terkandung dalam penggalan cerita di atas adalah . . . .
A.  nilai moral                                            D. nilai budaya
B.  nilai agama                                           E. nilai sosial
C.  nilai sejarah


Bacalah kutipan  berikut dengan saksama!
Bahan tambahan kimia yang dilarang digunakan menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI adalah asam borat atau boraks, asam salsifat, dietil pirokarbonat, dulsin, kalium klorat, kloramfenikol, minyak sayur terbromasi, nitrofurazon, dan formaldehid. Meskipun bahan tambahan kimia di atas telah dilarang digunakan, kenyataannya sampai saat ini masih beredar dan dijual bebas.

 










20.              Masalah yang dapat ditemukan dalam kutipan buku tersebut . . .
A.  Sampai saat ini bahan kimia yang berbahaya dan dilarang oleh pemerintah masih beredar dan dijual bebas.
B.  Pemerintah sudah melarang penggunaan bahan kimia.
C.  Pelanggaran Peraturan Menteri Kesehatan RI.
D.  Pemerintah tidak melakukan tindakan apapun saat melihat pelanggaran tersebut.
E.   Produsen masih saja menggunakan asam borat atau boraks.

Bacalah teks berikut dengan saksama untuk soal nomor 21 dan 22!
Berwirausaha menjadi pilihan hidup banyak orang akhir-akhir ini. Tanpa peduli usia tua muda semua bisa menjadi wirausaha sukses dan mandiri. Banyak wirausaha yang memilih usaha pada usia muda dan langsung menjadi sukses, ada juga yang memulainya saat sudah pensiun atau berusia matang dan juga mampu mendapatkan sukses besar. Ada lagi yang mengawalnya sebagai bisnis simpanan. Kemudian, sejalan dengan laju bisnis, meski menjalaninya secara penuh sebagai wirausaha yang mandiri.

 









21.              Ide pokok paragraf tersebut adalah . . . .
A.  berwirausaha menjanjikan banyak kesuksesan bagi seseorang
B.  saat ini berwirausaha menjadi pilihan hidup banyak orang
C.  banyak wirausaha yang meniti usaha saat usia mereka masih muda
D.  berwirausaha menjanjikan kekayaan dan kenyamanan
E.   berwirausaha menjadi pilihan yang menjanjikan kekayaan

22.         Ringkasan kutipan bacaan di atas adalah . . .
A.  Anda harus mempelajari dahulu dan mencari informasi tambahan mengenai peluang bisnis yang anda tentukan untuk menjadi wirausaha sukses anda perlu menentukan peluang usaha yang tepat.
B.   Peluang usaha dapat di peroleh dimana-mana,  peluang usaha yang tepat dan sesuai dengan bidang seseorang akan membuat orang tersebut sukses berwirausaha.
C.  Sebelum menentukan jenis usaha yang akan dijalani, seseorang harus mempelajari dan mencari informasi mengenai usaha yang telah di pilihnya.
D.  Untuk menjadi wirausaha sukses anda perlu mengetahui hambatan-hambatan yang akan ditemui dalam usaha yang akan dilakukan.
E.   Untuk menjadi wirausaha sukses anda perlu menentukan peluang usaha yang tepat.

Bacalah teks berikut dengan saksama untuk soal nomor 23 dan 24!
Malam ini ada pertunjukan wayang kulit di kantor Bupati. Aku ingin menontonnya, aku memang senang menonton pertunjukan wayang kulit. Pagi tadi aku sudah minta izin kepada ibu untuk menonton pertunjukan wayang kulit. Kebetulan besok hari minggu, Jadi ibu mengizinkan aku menonton pertunjukkan wayang kulit itu. Sepulang sekolah aku langsung tidur. Aku tidak mau mengantuk saat menonton pertunjukan wayang kulit nanti malam. Dan harinya aku sudah mempersiapkan bekal yang akan aku bawa. Aku pun siap berangkat menonton pertunjukan wayang kulit bersama tiga orang temanku dan juga ayah.

 










23.              Unsur narasi yang menonjol dalam paragraf di atas adalah . . . .
A.  waktu                                                   D. tema
B.  latar                                                      E. tempat                
C.  alur

24.         Paragraf narasi di atas diceritakan dengan pola urutan . . . .
A.  tokoh                                                    D. suasana
B.  masalah                                                 E.  waktu
C.  tempat

25.         Kata ulang yang menunjukan makna ‘menyerupai’ dibawah ini adalah . . . .
A.  panjang-panjang                                   D. kekuning-kuningan
B.  mondar-mandir                                     E. cantik-cantik
C.  berteriak-teriak

26.         Aku berteriak sekeras-kerasnya. Kata ulang  dalam kalimat tersebut bermakna . . . .
A.  ‘banyak’                                               D. ‘agak’
B.  ‘himpunan’                                           E. ‘saling dan resiprok’
C.  ‘intensitas’

Bacalah kutipan cerita berikut dengan saksama! 
Masni menghapus air mata dan perlahan keluar dari rumah Tini. Termenung sesuatu, telinganya mendengar kokok ayam jantan. Entahlah, suara kokok itu menusuk suasana jernih. Ada ketenanganan merambah hati, membuat Marni teringat sesuatu. Di ambilnya lampu tempel. Pintu samping berbunyi ketika Masni membukanya Masni ingin mengambil air sembahyang.
               Di kamar persalatan, Masni berusaha mencari kesadaran tertinggi agar bisa berdekat-dekatan dengan Tuhan. Ia bersimpuh dan merasa begitu kecil dan lemah.Namun, dalam kesadaran akan kelemahan itulah Marni menemukan sikap yang akan ditempuhnya ”besok aku akan bertawakal menyiapkan apa yang terjadi, terjadilah.” Marni lega ternyata, lepas malam telah menyebabkan sebagian besar beban pikirannya lenyap.

 













27.              Latar waktu dalam kutipan cerita adalah . . . .
A.  dini hari                                                D. senja hari
B.  pagi hari                                               E. malam hari
C.  sore hari

28.         Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
(1)Dalam rangka menyambut Ramadhan, OSIS SMA Bina Akhlak menyelenggarakan pawai sambut Ramadhan dan pembagian zakat secara meriah. (2) Acara yang mengusung tema Ramadhanku Indah, nyaris berjalan sempurna. (3) Acara tersebut disemarakkan sekitar 200 siswa dari kelas X, XI, XII. (4) Menurut kepala sekolah, pawai ini sebaiknya diadakan setiap tahun karena berdampak positif bagi masyarakat sekitar. (5) Pawai simpatik yang bergerak dari sekolah itu mendapat perhatian dari warga dan pengguna jalan.

 









   Kalimat yang mengandung fakta dalam laporan di atas adalah . . . .
A. Kalimat 1                                             D.  Kalimat 4
B. Kalimat 2                                             E.   Kalimat 5
C. Kalimat 3

29.         Bacalah paragraf dengan saksama!
   (1) Sebuah terminal dikatakan mampu memberi pelayanan jika memenuhi kebutuhan penumpang. (2)  Di dalam terminal itu tersedia angkutan penumpang. (3) Di samping itu, terdapat juga fasilitas umum seperti toilet dan tempat istirahat bagi calon penumpang. (4) Kemudian dalam terminal berjajar menempati area yang tersedia.
 (5) Kebersihan terminal dan kendaraan selalu diperhatikan.

 







 Kalimat yang berisi opini pendapat ditandai pada kalimat . . . .
A. Kalimat 1                                             D.  Kalimat 4          
B. Kalimat 2                                             E.   Kalimat 5         
C. Kalimat 3                                            

30.         Perhatikan kalimat topik berikut!
(1)Penelitian Limbah Ternak di Daerah Purwokerto disponsori oleh Fakultas Peternakan UNSOED.
(2)Masalah Psikologis Remaja Tidak Bisa Diabaikan Begitu Saja, Perlu Perhatian Serius Dari Orang Tua.
(3) Banyaknya Jumlah Sepeda Motor di Jalan Raya Menyebabkan Rawan Kecelakaan pada Jam-Jam Sibuk.
(4) Kisah mengharukan Korban Kecelakaan Kapal Senopati yang Berhasil Selamat Setelah  Lima Hari Terapung di Laut.
(5) Penggunaan Bahasa Indonesia di Kalangan Pelajar SMA Provinsi Nusa Tenggara Timur Sudah Cukup Bagus.

 







Berdasarkan kelima topik di atas yang tepat untuk menjadi topik tulisan narasi adalah nomor . . . .
A.  nomor (1)                                             D. nomor (4)
B.  nomor (2)                                             E.  nomor (5)
C.  nomor (3)

31.         Teks berikut untuk nomor 31 dan 32. Bacalah teks berikut dengan saksama!
(1) Pagi pukul 05.30 WIB, kota Purwokerto masih diselimuti kabut tipis. Saat itu, memang musim hujan, jadi “Kota Mendoan” itu udaranya dingin. (2)Sekitar pukul 06.00 WIB, Astuti bergegas ke dapur, dia akan menyiapkan sarapan pagi. (3) Dinyalakannya kompor gas, diambilnya penggorengan dan diletakkan di atas kompor yang sudah menyala. (4) Dia lantas mengambil  minyak goreng. (5) Pukul 06.05 WIB, terdengar pintu depan diketuk, Astuti bergegas ke depan. (6) Saat pintu terbuka, tampaklah wajah Yayuk tetangganya. (7) Kedua matanya sembab, sepertinya habis menangis. (8) Tiba-tiba, Yayuk memeluknya dan menangis terisak-isak. Astuti  pun sibuk menenangkan Yayuk. (9) Pukul 06.15 WIB tercium bau asap, Astuti kaget dia langsung menuju ke dapur, penggorengan yang masih kosong itu terbakar, api sudah membesar. (10) Astuti mengambil air satu ember dan menyiramkannya ke penggorengan yang terbakar itu.

 









  



Paragraf di atas merupakan jenis paragraf . . . .
A.  narasi                                                    D. deskripsi
B.  persuasi                                                 E. argumentasi
C.  eksposisi

32.         Kalimat dengan pengembangan gagasan pola urutan waktu pada paragraf diatas adalah . . .
A.  Astuti ke dapur, Astuti menyalakan kompor, Astuti meletakkan penggorengan, Astuti menemui Yayuk dan menenangkannya, penggorengan terbakar.
B.  Astuti bangun pagi, Astuti ke dapur, Astuti menyalakan kompor, Astuti mendengar suara ketukan, Astuti menemui Yayuk.
C.  Astuti ke dapur,  Astuti menyalakan kompor, Astuti meletakkan penggorengan, Astuti lupa menuangkan minyak, Astuti menemui tamu, kompor terbakar.
D.  Astuti menyalakan kompor, Astuti meletakkan penggorengan di atas kompor, Astuti menemui Yayuk, Astuti  kaget karena kompor terbakar.
E.   Astuti menemui Yayuk, Yayuk menangis, Astuti berusaha menenangkan Yayuk, Astuti mencium bau asap, kompor.

33.         Bacalah paragraf berikut !
Di atas ruangan bergantungan beberapa lampu neon model kuno yang membuat ruangan ini cukup tenang. Di langit-langit yang setinggi sekitar empat meter, diapit dua pasang lampu neon, ada sebuah exhaust fan, kipas pengisap, yang maksudnya tentu mengisap dan membuang bau yang kurang sedap di ruangan ini.

 






Paragraf di atas termasuk jenis paragraf . . . .
A.  argumentasi                                          D.  deskripsi
B.  narasi                                                    E.  analogi
C.  eksposisi

34.         Berikut ini yang bukan topik paragraf deskriptif adalah . . . .
A.  banjir yang melanda Jakarta                D.  orang-orang yang kusayangi
B.  kamarku, tempat favoritku                   E.  peraturan pemerintah tentang impor beras
C.  inilah ruang kelasku

35.         Cermati paragraf berikut !
Yang berdiri paling depan dalam deretan itu yang berpegang kawat rajang loket yang tampak seperti karung kosong dijemuran kain adalah sesorang lelaki berperawakan kurus. Badanya sangat kerempeng  ...  pakaiannya lusuh, kotor, dan robek-robek. Bau yang tidak sedap dari bau keringat  tubuhnya pun menyengat. Orang yang antre dibelakangnya menutup hidung dengan sapu tangan rapat-rapat, tidak dihiraukannya.

 






  

Kalimat yang tepat untuk melanjutkan paragraf deskripsi tersebut adalah . . .
A.  Rambutnya kusut tidak terurus.
B.  Hatinya kesal menunggu seharian.
C.  Udara makin panas dan dia terlihat gelisah.
D.  Dia ingin segera pulang meninggalkan tempat itu.
E.   Dia menghitung uang yang ada di sakunya.

36.         Topik yang tepat untuk tulisan eksposisi adalah . . . .
A.  biografi tokoh reformasi tahun 1997
B.  menjaga kebersihan lingkungan
C.  kasih sayang ibuku kepadaku
D.  masa-masa indah bersama keluargaku
E.   mata rantai penerbitan buku mata pelajaran

37.         (1) Kebutuhan itu ada bermacam-macam, antara lain kebutuhan jasmani dan rohaniah.
(2) Hendaknya, kita dapat menjaga keseimbangan dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan.
(3) Kebutuhan jasmaniah meliputi makanan, minuman, pakaian, dan tempat tinggal.
(4) Kebutuhan rohaniah meliputi, kasih sayang, perhatian, dan ketenangan batin.
(5) Setiap manusia mempunyai kebutuhan.
Susunan paragraf yang tepat dengan menempatkan kalimat topiknya di awal paragraf adalah . . . .
A. 1, 2, 3, 4, 5                                           D.  5, 1, 3, 4,2
B. 5, 1, 2, 3, 4                                           E.  3, 4, 5, 1, 2
C. 2, 3, 4, 5, 1

38.          Bila air surut tinggallah angin melindungi kami
Di atas langit dan di bawah lumpur di kaki
Kedepak pondang di pohon randu
Penggalan puisi tersebut menggunakan majas . . . .
A.  Personifikasi                                         D. Metafora
B.  Litotes                                                  E. Antiklimaks
C.  Metonimia

39.         Ini kah tidak ada yang mencari cinta
      Di antara gudang, rumah tua, pada cerita
      Tiang serta temali, kapal, perahu tiada berlarut
      Menghembus diri dalam mempercaya mau berpaut
      Penggalan puisi tersebut menyatakan makna . . . .
A.  Kedukaaan                                           D. Kemiskinan
B.  Kemuraman                                          E. Kesengsaraan
C.  Ketakutan

40.         Bunga mawar bunga melati
Ditabur orang di batu karang
Sungguh elok tanahku ini
Walau jauh tetap dikenang
Tema puisi lama tersebut adalah . . . .
A.  Cinta sesama bangsa                            D. Kemanusiaan
B.  Cinta tanah air                                      E. Keindahan Alam
C.  Cinta kepada Tuhan

41.         Sajak dalam-dalam
Dalam laut ada tiram
Dalam tiram ada mutiara
Dalam mutiara ah tidak ada apa-apa
Dalam baju ada aku
Dalam aku ada hati
Dalam hati ah tak apa jua yang ada
Dalam syair ada kata
Dalam kata ada makna
Dalam makna , mudah-mudahan ada kau

Unsur instrinsik yang menonjol dari puisi tersebut  adalah . . . .
A.  Pilihan kata yang berakhiran tidak sama
B.  Pengungkapan makna yang bernilai religius
C.  Melukiskan baju yang dikenakan
D.  Melukiskan nilai-nilai tiram mutiara
E.   Perilaku cinta lingkungan

42.         Satu Kekasihku
Aku manusia
Rindu rasa
Rindu rupa
Di mana engkau
Rupa tiada
Hanya kata merangkai hati
Maksud puisi diatas mengungkapkan tentang . . . .
A.  Penyair sangat merindukan kekasihnya yang tak kunjung datang
B.  Penyair dalam mimpi menemui kekasihnya tanpa kata-kata
C.  Seseorang yang dicintai penyair hanya dada angan-angan
D.  Seseorang terlalu berlebihan dalam mengekspresikan cinta
E.   Penyair sangat merindukan pertemuan dengan Tuhan

43.         Cermati isi cerpen berikut!
Ya, itulah parnoloveak. Parno memang seniman, tetapi loewaknya itu memang gak jelas asal usulnya. Sebagai seniman, ia memang tidak terlalu produktif. Entah kenapa ia tidak bisa mengarang banyak, kalau setiap karangannya tak punya sesuatunya. Ia lebih baik menyimpan dulu karyanya di laci punya mengejutkan  atau menggelikan itu. Aneh, memang seniiman semalam Parno, tapi yang namanya seniman, kadangkala suka lakuin yang aneh-aneh.
Isi cerita pendek tersebut menjelaskan unsur . . . .
A.  Tema                                                     D. Pengaluran
B.  Latar                                                     E. Penokohan
C.  Gaya Bahasa

44.         Kemudian, ia sampai pula penilaian bahwa yang jauh tetaplah kejauhan. Yang dekat tetaplah pula kedekatan , kecuali yang jauh itu mendekat  atau yang dekat itu menjauh. Miliknya akan tetap miliknya, kecuali ia rebut atau ia lepaskan. Begitupun yang bukan miliknya akan menjadi miliknya jika merebutnya atau menerimanya dari orang lain. Kenangan dan imajinasi akan tetap sepetti apa danya. Kenyataan adalah dimana kita berada. Lau, bocah itu tersenyum dengan penuh kemenangan. Kemenangannya atas sang nasib yang kini tidak akan bisa lagi merengut kebahagiaannya
Tema penggalan cerpen di aas adalah  . . . .
A.  Sesuatu yang jauh tidak akan pernah dekat
B.  Pasang surut nasib seseorang
C.  Nasib harus diperjuangkan
D.  Tidak menyerah pada nasib
E.   Kita harus menerima kenyataan hidup

Penggalan cerpen untuk soal nomor 45 dan 46
Dibaringkannya anak itu di sebelah bala beralas kardus. Diselimutnya dengan kain batik coklat kusam sebelum ia sendiri berbaring miring berbentuk lipatan tangan dengan kaki dotekuk. Ia melindungi anaknya bahkan ketika nyengat. Api sendiri bergoyang tertiup angin, asapnya hitam jadi gelap, sepi.
Hanya guntingan koran di dinding bambu. Ada juga gambar pahlawan anak, anak berbaju besi berwarna hitam membawa pedang.
45.         Berdasarkan kutipan cerita di atas, watak tokoh’ia’ yang paling menonjol adalah . . . .                             
A.  Sederhana                                             D. Jujur
B.  Lembut                                                 E. Ikhlas
C.  Sayang




46.         Latar dari kutipan  penggalan cerita di atas adalah . . . .
A.  Di sebuah gubuk, malam hari, sepi
B.  Di sebuah rumah, malam hari, dingin
C.  Di emperan toko, dingin, malam hari
D.  Di sebuah gubuk, dingin, sepi
E.   Di sebuah rumah, sepi, malam hari

47.         Tetapi Sangkuriang tidak mengakui wanita jelita itu sebagai ibunya.” Bagaimana mungkin engkau putri remaja mungil ini menjadi Ibu aku yang tinggi besar serta perkasa! Tentu akalmu saja untuk menolak lamaranku maka engkau mengatakan hal itu”.
        “Tidak, engkaulah anakku anak yang pernah kukandung dalam rahimku, lalu kulahirkan sendiri, engkau dulu anak yang kususui pada dadaku kutimang dengan tanganku. Engkau boleh berkata semaumu tetapi aku menolak pengakuan bahwa aku ini anakmu. Aku adalah laki-laki yang mencintaimu dan sekarang melamarmu untuk dipersunting sebagai istriku.
        Nilai moral yang terdapat di dalam cerita tersebut adalah . . . .
A.  Anak yang selalu membantah kehendak orang tua
B.  Anak yang tidak menuruti nasehat orang tua
C.  Anak yang melupakan orang tuanya
D.  Anak yang sealu membanggakan keberhasilan dirinya
E.   Anak yang berbohong untuk kepuasan dirinya

48.          Nyanyian seorang petani
Berilah kiranya yang terbaik bagiku
Tanah berlumpur dan kerbau pilihan
Biji padi yang marus
             Berilah kiranya yang terbaik
             Air mengalir
            Bila masanya buah kupetik
            Ranumnya kupetik
            Rahmatnya kurindu
           ...........................
        Larik bermajas yang tepat untuk melengkapi puisi tersebut adalah . . . .
A.  Hujan menyerbu tanah air
B.  Air mengalir sampai jauh
C.  Tanaman disiram agar tidak layu
D.  Hujan turun tiba-tiba
E.   Gemericik air terdengar jelas

49.               Kurang pikir kurang siasat
Tentu dirimu kelak tersesat
Maksud isi kutipan gurindam tersebut adalah . . . .
A.  Sifat cermat dalam berbuat membawa kesuksesan
B.   Berpikir dalam berindak, belum tentu selamat
C.  Tiada guna menyesal; bila sudah tersesat
D.  Sifat terlalu hati-hati akan baik hasilnya
E.   Sifat kurang cermat berpikir akan membawa kerugian

50.         Kalau pergi ke kota Palu
Singgahlah sebentar di Donggala
Kalaulah diri masih punya malu
...........
Larik yang tepat untuk melngkapi pantun tersebut adalah . . . .
A.  Kau tunggu aku untuk berbuka
B.  Janganlah pernah berkata dusta
C.  Kamu harus jangan berbicara
D.  Mulailah kamu menata suara
E.   Jangan lupa mencuci muka




No comments:

Post a Comment

Update Terbaru